Skip to content
Home » Iatrogenik

Iatrogenik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iatrogenik adalah penyakit yang diakibatkan oleh kesalahan diagnosis atau kealpaan dokter.

Dalam bukunya “Findings in Hypnosis”, Dave Elman pernah membantu seorang wanita yang mengalami rasa sakit yang parah setelah operasi batu empedu. Meskipun operasi ini berjalan dengan baik dan wanita ini sudah pulih, namun rasa sakit ini tetap ada dan tidak bisa dijelaskan secara medis. Pemeriksaan medis lanjutan menyatakan wanita ini dalam kondisi sehat.

Dave membawa wanita ini ke kondisi hipnosis yang dalam dan wanita ini menceritakan pengalamannya saat sedang dioperasi. Meskipun wanita ini telah dibius dan tidak sadar namun dia bisa menceritakan pembicaraan dokter dan asisten dalam ruangan operasi. Wanita ini menangkap pembicaraan dokter yang berkata “Lihatlah kantung empedunya! Dia tidak akan menjadi orang yang sama lagi setelah ini”.

Saat ditanya Dave apa maksud dari pembicaraan dokter, wanita ini menjawab, “Saya tidak akan menjadi wanita yang sehat lagi setelah operasi”. Dave mengedukasi wanita ini bahwa sebenarnya pernyataan dokter ini adalah suatu pernyataan yang positif dan membesarkan hati namun menggunakan kalimat yang ambigu. Dave memberitahu wanita ini bahwa rasa sakitnya akan menghilang dan wanita ini memang sembuh dari rasa sakitnya.

Seperti semua orang lainnya, Dave berpikir bahwa pasien tidak dapat mendengar atau mengingat apa yang terjadi selama operasi. Namun pasien tidak hanya dapat mendengar setelah dibius, tetapi kemudian dapat menceritakan kembali hal-hal yang terjadi di sekitarnya selama operasi. Dave mencari tahu terhadap pasien lain yang pernah dioperasi dan yang mengejutkan, pasien demi pasien dapat memberinya informasi yang tampaknya tidak dia miliki secara sadar, dan setelah memeriksa dengan dokter, dia menemukan informasi ini benar-benar akurat.

Dave mulai menekankan di dalam kelas bahwa dokter dan asistennya harus berhati-hati dengan apa yang mereka katakan meskipun pasien tidak sadar dan tampaknya tidak dapat mendengarnya.

Dave mengambil kesimpulan jika pasien dapat dipengaruhi oleh komentar yang merugikan di ruang operasi, dia juga dapat dipengaruhi oleh sugesti yang menguntungkan yang diberikan kepada pasien ketika berada dalam kondisi bius total.

Pengaruh kata-kata dokter sangat besar terhadap pasien, meskipun saat pasien sedang dibius. Pasien yang percaya kepada dokter akan menjadikan perkataan dokter sebagai keyakinan yang mempengaruhi proses kesembuhan. Jika suatu saat mengunjungi pasien yang sedang koma, sebaiknya kita memberi kata-kata yang menguatkan karena masih ada bagian pikiran yang masih aktif dan mendengarkan.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Instagram
× Whatsapp me